26. Keadaan Tak Sadar

Mati Pingsan
Seseorang yang dalam keadaan tidak sadar mungkin kelihatan sepeerti tidur, tetapi tidur ini berbeda dari biasa sebab ia tidak dapat dibangunkan. Jadi ia dikatakan berada dalam keadaan pingsan mati. Seorang pasien yang pingsan mati tidak dapat dibangunkan biarpun diteriakin atau digoyang-goyang. Hal itu mungkin disebabkan oleh pitam otak atau barangkali kelebihan obat insulin pada pasien yang menderita penyakit gula. Sebab lain ialah pingsan akibat minuman keras atau mabuk berat. Perawatan untuk keadaan yang bermacam-macam ini tergantung pada penyebabnya.

Jika kebetulan anda menjumpai seseorang terbaring di tanah dalam keadaan tidak sadar, lihatlah cepat-cepat di sekelilingnya apa yang menyebabkannya. Adakah luka dikepalanya? Apakah manik mata yang satu kelihatan lebih besar dari yang lain. Jika demikian sikorban mungkin mengalami pitam otak ataupun luka-luka di kepala. Adakah tanda-tanda keracunan ? Bagaimana dengan botol minuman keras ? Apakah orang itu mabuk atau apakah ia menderita shock karena listrik atau gas bocor?

Yang Harus Dibuat : Panggilah dokter selekas-lekasnya, Sementara itu, pasien tetap dibaringkan. Jika majahnya merah, naikkan sedikit. Jangan beri perangsang. palingkanlah wajahnya kesamping untuk mencegah tercerut, jika muntah-muntah.
Jika wajahnya pucat dan denyutan nadinya lemah, turunkanlah kepalanya lebih rendah sedikit dari tubuhnya. Panaskanlah sedikit. Jika harus dipindahkan, angkatlah dalam keadaan berbaring.
Jika wajahnya biru, sikorban berada dalam keadaan shock yang dalam. Bila tidak ditolong dengan segera, pernapasanya mungkin akan segera berhenti.
Panggilah dokter atau ambulans dengan segera. Sementara sikorban harus dibaringkan terus dan diberi pernapasan buatan dengan cara dari mulut ke mulut. Jagalah agar ia tetap hangat dan angkut lah dia ke rumah sakit selekas-lekasnya. Pijatlah anggota-anggota badan perlahan-lahan untuk mengalirkan darah ke jurusan jantung. Pakailah oksigen, kalau mungkin.

0 komentar:

Post a Comment