25. Kelengar Matahari

Kelengar matahari dan kelengar panas sama pengaruhnya terhadap tubuh. Kelengar matahari diakibatkan oleh panas di dalam kamar dengan kelembaban yang rendah. Berkeringat yang kurang normal untuk mengeluarkan kelebihan panas dapat menaikkan suhu sampai 40, 6 C atau lebih. Mula-mula mungkin menjadi kacau pikirannya dan mengeluh karena sakit kepala keras. Kemudian mengigau. Kecuali ia diberi pertolongan dengan segera, tekanan darahnya mungkin turun menjadi rendah sekali, dan denyutan menjadi  cepat dan lemah.

Korban Kelengar MatahariApa harus dibuat : Panggilah dokter dengan segera. Sementara itu bawalah si korban ke suatu tempat yang sejuk selekas-lekasnya. Baringkanlah dia. Tanggalkanlah pakaian luar dan taruhlah kantong es atau kain dingin di kepala mendinginkan otak dan mengembalikan temperatur kepada keadaan normal.
Jika mungkin, selubungilah sisakit dengan sprei basah dan kemudian tuangkanlah sekali-sekali air dingin sampai kulit kembali pada warna normal. Gosoklah atau pijatlah anggota-anggota badan ke jurusan jantung untuk menolong peredaran.

Jangan Berikan Obat Perangsang. Bawalah sikorban ke rumah sakit atau kepada dokter selekas-lekasnya

0 komentar:

Post a Comment