24. Shock Karena Listrik

Tersengat Listrik
Shock karena listrik dapat merusakkan susunan urat saraf dan membakar kulit serta jaringan-jaringan lebih dalam. jika cukup kuat, aliran listrik dapat menghentikan jantung, atau mengakibatkan fibrillasi bilik jantung, yakni sejenis irama yang tak teratur yang amat serius. Aliran listrik dengan voltase yang rendah sekalipun dapat membahayakan, terutama  bila kulit lembab atau basah. Lebih lama kontak dengan aliran listrik, lebih besar pula bahayanya.

Apa yang harus dibuat : Berhati-hatilah, jangan menyentuh kawat yang beraliran listrik. Jika tombolnya dekat, matikanlah aliran listrik dengan segera. Jauh lebih baik mematikan tombol utama. Jika sesorang telah menyentuh kawat yang beraliran listrik di jalan, jangan jamah dia dengan tangan telanjang. Pakailah tongkat kering, tali kering untuk mengeluarkan kawat terbuka dari si korban. Apa saja yang anda gunakan harus kering, kalau tidak anda dapat meninggal karena aliran listrik dalam usaha menyelamatkan orang.

Pertolongan pertama : Setelah aliran listrik diputuskan, mulailah mengadakan pernapasan buatan dengan segera. Sementara itu suruhlah panggil dokter. Teruskanlah pernapasan buatan selama diperlukan. Jika jantung sudah berhenti, tekanlah di tengah-tengah dada dengan tekanan keras-keras 60 kali semenit. Pijatan jantung secara tertutup ini dapat menjalankan denyutan jantung kembali. Teruskanlah sampai denyutan nadi sudah tetap dan kuat.

0 komentar:

Post a Comment