23. Luka Tembakan Dan Tikaman

Luka tembakan dan tikuman selamanya sangat serius, terutama jika ada tulang yang patah, atau ada organ di dada atau perut terkena luka.

Apa yang harus dilakukan : Sisakit harus dibaringkan tertelentang dengan diam. Jangan memberi apa-apa melalui mulut. Tutupilah luka itu dengan kain kasa yang steril atau suci hama dan balutlah baik-baik.  Sesudahlah bawalah ke rumah sakit selekas-lekasnya. Jagalah agar selalu dalam keadaan terbaring dengan bantal di bawah lututnya.

Pertolongan Pertama Luka Tembak
Jika ada organ di bagian perut yang luka dan kelihatan atau menonjol keluar, tutupilah luka itu dengan kain kasa yang suci hama dan jagalah agar tetap lembab. Air hangat paling baik untuk maksud ini. Bawalah si sakit ke rumah sakit dalam keadaan berbaring. Hentikanlah pendarahan sedapat-dapatnya.

Jika luka itu terdapat di dada, tutupilah lubangnya lekas-lekas dengan tangan dan taruhlah perban yang tidak tembus udara. Ini akan mencegah jangan sampai rongga selaput dada kemasukkan udara dan akan mengganggu pernapasan. Jika luka itu besar, taruhlah tanganmu pada kedua tepi luka sobek itu dan pertautkanlah jaringan-jaringan itu perlahan-lahan. Bawalah sikorban ke rumah sakit selekas-lekasnya.

0 komentar:

Post a Comment