19. Perawatan Darurat - Keracunan Karbon Monoxida

Tanda Bahaya Carbon MonoxidaBawalah si korban ke luar ke udara segar dengan segera. Jagalah agar jalan napasnya tidak terhalang. Keluarkanlah kotoran dari mulut dan kerongkongan dan mulailah memberikan pernapasan mulut ke mulut.

Keracunan karbon monoxida merupakan suatu masalah yang serius di kota besar, dan hal ini disebabkan oleh asap mobil dan kendaraan- kendaraan lain. Racun serupa itu mungkin juga timbul karena gas untuk masak yang tidak menyala dan juga dari pipa gas mobil yang bocor. Karbon monoxida terdapat di dalam asap. Biasanya si korban mengeluh karena sakit kepala, perasaan lemah, pusing, mual dan pemandangan kurang terang. Jika keadaan tidak diobati dengan segera, si korban mungkin pingsan dan meninggal.

Perawatan : Jika si korban pingsan, berikanlah pernapasan mulut ke mulut dengan segera. Jika mungkin berikanlah oksigen atau campuran oksigen dan karbon dioxida, kalau ada. Kalau jantung sudah berhenti, tekanlah kuat-kuat kira-kira 60 kali semenit di tengah-tengah tulang dada. Gunakanlah pangkal tapak tangan dan tekanlah kuat-kuat ke arah tulang belakang, kemudian angkatlah tangan dari dada setiap tekanan. Ini dapat menolong jantung berdenyut kembali. Sementara itu suruhlah seseorang memanggil dokter.

Pencegahan : Periksalah cerobong asap sekurang-kurang sekali setahun. Alat masak harus tetap bersih di luar dan di dalam. Kompor harus selalu dibersihkan agar tidak berminyak dan berjelaga. Ingatlah kebanyakan bencana kebakaran disebabkan oleh karbon monoxida. Jangan menjalankan mesin mobil di dalam garasi yang tertutup. Pintu harus terbuka supaya banyak udara segar masuk ke dalamnya.

0 komentar:

Post a Comment