14. Perawatan Yang Dapat Anda Berikan Bagian 2

Botol Air Panas
Dalam zaman modern ini mungkin aneh kedengarannya membicarakan cara pemanasan istimewa pada bagian-bagian tubuh tertentu. meskipun demikian botol air panas yang sudah ketinggalan zaman itu masih berguna dan murah. Jangan sekali-kali memakai botol panas tanpa sumbat, sebab hal ini dapat membakar kulit. Bila kantong sudah dingin, isilah kembali. Bila sudah selesai jangan lupa mengosongkannya dan mengeringkannya. 

Kompres Pemanas
Kompres panas merupakan suatu cara yang baik sekali untuk perawatan kerongkongan yang nyeri. Perawatan ini sering lebih manjur daripada cara pengobatan yang mahal.

Mula mula carilah sehelai kain sebesar sapu tangan. Lipatlah 3 inchi lebarnya dan dua belas sampai lima belas inchi panjangnya. Celupkanlah ke dalam air dingin dan pulaslah sekering-keringnya. Lingkarkanlah di sekeliling leher dan tutuplah beberapa lapis flanel atau kain wol kiria-kira empat inchi lebarnya. Lekatkanlah kompres tersebut pada tempatnya dengan peniti, dan biarkanlah disitu sepanjang malam. Dalam beberapa menit kompres itu akan terasa hangat dan akan meringankan nyeri pada kerongkongan. Kompres harus ditarush setiap 8 jam.
Kompres ini amat berguna untuk merawat sakit parau atau radang pangkal tenggorok, dan juga untuk meringankan perasaan kaku pada otot-otot leher.

Kantong Es
Perawatan kantong es berguna sekali untuk merawat persendian dan otot yang luka, terutama selama fase akut. Lingkarkanlah sehelai handuk yang ringan disekeliling bagian yang hendak dirawat. Sesudah itu taruhlah pecahan-pecahan es di atasnya dan tutuplah dengan plastik, kemudian bungkuslah dengan handuk lain dan biarkan selama dua puluh menit. Ulangi perawatan ini setiap tiga atau empat jam. Perawatan ini berguna untuk menyembuhkan radang kandung lendir yang akut, dan juga untuk pergelangan tangan, mata kaki atau persendian-persendian lain yang terkilir.

Mandi Cahaya Matahari
Cahaya matahari berfaedah untuk mengobati bermacam-macam penyakit. Cahaya matahari baik sekali untuk menyehatkan tubuh dan membunuh kuman-kuman. Meskipun demikian, berhati-hatilah jangan menggunakan pengobatan ini berlebih-lebihan. Cahaya matahari yang amat terik menyebabkan kulit mudah sekali terbakar. Sebab itu jemurlah kulit selama beberapa menit pada kali pertama. Besoknya jemurlah lebih lama sedikit, dan seterusnya waktu dapat diperpanjang berangsur-angsur. Sesudah beberapa hari kulit akan mempunyai warna yang sehat, dan akan lebih tahan melawan penyakit. Cahaya matahari bekerja langsung pada tubuh dengan menggunakan minyak alam di kulit, dan menghasilkan banyak sekali vitamin D.

0 komentar:

Post a Comment