13. Perawatan Yang Dapat Anda Berikan Bagian 1

Air adalah penyembuh alam yang besar. Air sudah dipakai sejak sejarah dimulai. Hydrotherapy adalah istilah ilmiah untuk perawatan yang menggunakan air dalam menyembuhkan orang sakit.

Penghirupan Uap Yang Telah Dibubuhi Obat
Penghirupan Uap Yang telah Dibubuhi Obat
Penghirupan uang yang telah dibubuhi obat merupakan sejenis perawatan selesma. Yang anda perlukan hanyalah sebuah ketel yang bercerat. Isilah ketel dengan air setengah penuh. Teteskanlah sedikit minyak eucalyptus atau tinctura benzoin atau Vicks Vaporub atau obat-obatan sejenis. Pengobatan sederhana ini menolong membuka saluran udara dan meringankan penyumbatan. Tetapi uang itu selamanya merupakan bagian terpenting dari perawatan.

Bukalah sebuah payung dan taruhlah di atas kepala pasien. hamparkanlah sehelai seprei atau kain di atas payung tadi untuk membuat tenda. Sekarang letakkan ketel diatas plat listrik atau alat-alat lain agar tetap panas. Jagalah supaya uap naik dengan leluasa melalui cerat ketel itu. Buatlah sebuah pembuluh kertas untuk mengalirkan uap kebawah tenda. Sesudah itu celupkanlah sehelai kain tipis pada eucalyptus atau obat lain dan letakkanlah kain tipis tersebut diatas pembuluh kertas itu. Lakukan kira-kira 20 sampai 30 menit. Menghirup uap yang sudah dibubuhi obat amat berguna dalam perawatan salesma, gangguan sinus, radang cabang tenggorok, radang pangkal tenggorok dan radang paru-paru. Tetapi anda harus hati-hati bila merawat anak kecil. Harus ada orang dewasa yang mendampinginya untuk menghindarkan kecelakaan yang mungkin terjadi.

Perawatan Darurat Radang Pangkal Tenggorok
Jika anda tiba-tiba mendapat serangan penyakit pada tengah malam, suruhlah dia menghirup uap air tanpa bertangguh. Jika anda mempunyai pipa air panas di kamar mandi, bawahlah anak itu kesitu dengan segera, dan bukalah pipa air panas tersebut. Kamar mandi akan penuh uap dan memungkinkan anak itu bernapas lebih leluasa. Kemudian usahakanlah memanggil dokter selekas-lekasnya. Tinggalah tenang dan jangan panik. kalau tidak, anak itu mungkin akan menjadi takut dan tidak dapat bernapas lebih baik.

Merendam Kaki dalam Air Hangat
Perawatan lain yang amat berfaedah adalah merendam kaki dalam air hangat. Ini menolong sekali untuk meringankan penyumbatan di dalam hidung dan sinus-sinus, dan bagi mereka yang menderita kaki dingin. Perawatan seperti ini juga berguna untuk meringankan ketegangan urat saraf. Merendam kaki ke dalam air hangat baik sekali meringankan kekejangan panggul dan tentu saja lebih disukai dibandingkan dengan pemakaian obat penghilang nyeri.

Rendam Duduk
Rendam duduk amat berguna dalam perawatan sesuatu  penderitaan termasuk poros usus atau panggul. Oleh cara pengobatan yang sederhana ini kekejangan otot dan nyeri panggul sering dapat diringankan tanpa menggunakan obat keras. Rendam duduk berguna juga meringankan kencing yang tertahan dalam kandung kemih dan kekejangan poros usus.

Pasien duduk diatas handuk yang dilipat di dalam tong air hangat selama 15 sampai 30 menit beberapa kali sehari. Air itu sekurang-kurangnya enam inchi dalamnya dan temperatur kira kira 43,3-48.9  derajat C . Rendam duduk berguna sekali sesudah operasi poros usus karena wasir, celah-celah berupa borok di sekeliling dubur dan penyakit-penyakit lain sejenis itu. Jika hawa dingin, sehelai selimut harus dilingkarkan pada bahu supaya sisakit jangan kedinginan. Sesudah perawatan si sakit harus kembali ke tempat tidur.

0 komentar:

Post a Comment