9. Protein

Jika kita memeriksa tubuh manusia, kita dapati bahwa tubuh itu bagaikan suatu keluarga sel yang amat besar, dan semuanya mempunyai tugas tertentu. Beberapa sel terjalin bersama-sama di dalam bentuk otot yang kuat. Yang lain pula bekerja keras dalam susunan urat saraf, sibuk membawa berita kian-kemari bila diperlukan oleh tubuh. Sedang yang lain mempunya tugas untuk menguatkan tubuh dan menyediakan kestabilan dengan perantaraan tulang, persendian dan otot kita. Pada permukaan otak kita mempunyai sejenis sel yang memungkinkan kita berpikir dan mengadakan rencana untuk masa depan.

Sel-Sel Hidup Yang Berbeda-beda
Tiap sel di dalam tubuh anda bergantung pada anda sendiri untuk menjaga agar tetap hidup.
Apa yang anda makan menentukan kesehatan atau penyakit, kehidupan atau kematian. Dari makanan yang anda makan, tiap sel baik di dalam tulang, otot, urat saraf mapun di dalam kulit, membentuk protoplasma menurut jenisnya sendiri. Inilah bahan yang hidup yang menyerupai agar-agar yang membentuk semua sel. Protoplasma adalah bahan baku untuk semua yang hidup, baik tanaman maupun binatang. Protoplasma terbuat dari protein dalam makanan kita. Sebab itu usahakanlah mendapat protein yang baik.
Sel Hidup

Di dalam protoplasma tedapat kuasa ajaib untuk pergerakan, pembiakan, dan pertumbuhan.
Seorang bayi tumbuh dari satu sel telur yang sudah dibuahi, yang pada mulanya terlampau kecil untuk dilihat dengan mata tanpa kaca pembesar. Tetapi sel tunggal itu akan berlipat ganda menjadi sel yang berjenis-jenis yang tidak terkira jumlahnya dan inilah yang membentuk tubuh manusia.

Sel-sel hidup itu menghisap makanan dari cairan yang mengalir di sekelilingnya, cairan yang selalu beredar oleh pertolongan jantung. Selama masa pertumbuhan tiap sel menjadi besar kira-kira dua kali besar ukuran semula, kemudian dengan tiba-tiba terpecah menjadi dua sel kecil, Masing-masing sama besarnya dengan yang asli sebelum terjadi perpecahan. Dengan demikian protoplasma yang semula itu kini sudah berganda ukurannya, dan hal ini terus menerus terjadi selama orang itu tumbuh. Dan bila sudah sempurna pertumbuhannya, proses pertumbuhan dan perpecahan ini  akan berhenti dengan tiba-tiba dan tidak diteruskan lagi kecuali untuk perbaikan ata penggantian sel yang rusak oleh adanya luka atau penyakit.

Pentingnya Zat Putih Telur
Protein adalah kelompok za-zat yang paling rumit yang diketahui dalam bidang ilmiah dewasa ini.
Kita tidak akan pernah hidup sehat kecuali kita mendapat cukup protein.
Protein bukan saja merupakan zat yang amat rumit, melainkan banyak sekali jenisnya yang belum diselidik. Setiap jenis protein berisi sejumlah " building blocks" atau asam amino, yang selalu diatur dalam urutan tertentu menurut jenis protein. Protein yang lebih rumit mempunyai lebih banyak lagi asam amino.
Cara mengatur asam amino ini selalu penting. perubahan satu atau dua atom kecil di dalam molekul protein sekalipun mungkin menghasilkan zat yang berbeda sama sekali. Beberapa protein seperti albumin, mudah sekali larut dalam air. Yang lain seperti globulin , hanya dapat dilarutkan di dalam cairan garam.

Semua protein di dalam tubuh terus-menerus diubah dan digunakan. Ini berarti bahwa protein itu harus diganti dengan yang baru. Untuk maksud ini kita harus mempunyai cukup persedian protein di dalam makanan pada setiap waktu.
Sebelum diserap tubuh, semua protein di dalam makanan harus dipecahkan lebih dulu menjadi asam amino. Ini terjadi di dalam usus kecil. Dari situlah pecahan protein ini diangkut oleh peredaran darah ke hati dimana protein itu diubah dan disimpan serta siap digunakan dalam waktu mendatang. Di dalam segala jaringan, pecahan protein ini akhirnya disenyawakan kembali dengan sejenis protein yang diperlukan oleh setiap macam sel.

Sumber Protein

Protein terdapat di dalam hampir segala macam makanan, tetapi ada makanan yang mengandng jauh lebih banyak dari yang lain. Makanan yang paling banyak mengandung protein adalah susu, telur, keju, daging, ikan, biji-bijian yang masih berkulit ari, ercis, kacang tanah dan kedelai.
Susu dan sejenisnya merupakan sumber protein yang terbaik. Umumnya, protein dari sumber ini mudah dicernakan dan diserap oleh tubuh. Susu mengandung protein yang sempurna dan juga menyediakan calcium dan fosfor dalam proporsi yang tepat dan benar untuk anak-anak yang sedang tumbuh dan untuk para ibu yang sedang menyusui.
Tetapi walaupun susu merupakan sumber terbaik, kita masih harus berhati-hati, karena susu mudah sekali dikotori oleh kuman-kuman penyakit baik dari proses pemerahan, maupun selama disimpan. Sebab itu semua susu harus dimasak atau melalui proses pasteurisasi sebelum dipakai. Memasaknya sampai mendidih hanya beberapa menit sekalipun akan dapat membunuh kuman yang berbahaya.
Sumber Protein

Daging didalamnya terdapat pula banyak zat besi, fosfor dan beberapa vitamin B complex. Tetapi semua daging mengandung sejenis sampah yang harus dikeluarkan oleh ginjal. Ini berarti pekerjaan tambahan  untuk tubuh  dan juga membawa kesulitan bagi mereka yang mungkin ginjalnya sudah dirusakkan oleh penyakit. Banyak sekali alasan yang baik untuk hidup dengan makanan tanpa daging. Meskipun demikian, seorang yang tidak makan daging harus mengetahui dengan pasti bahwa dia mendapat cukup protein dari makanan lain.

Kedelai Yang Amat Bermanfaat
Makanan yang sederhana ini mengandung protein yang lengkap. Pada hakekatnya kedelai itu mengandung protein dua kali sebanyak yang di dalam daging dan empat kali sebanyak yang di dalam telur.
Bermacam Produk Kedelai
Kedelai mengandung juga minyak tumbuh-tumbuhan yang tinggi mutunya yang tidak mengandung cholesterol di dalamnya. Selain dari itu, minyak kedelai yang juga mengandung lechitin, yang berfaedah sekali dalam pengendalian kadar cholesterol di dalam tubuh. Kedelai juga mengandung sedikit sekali hidrat arang sehingga pasien yang menderita penyakit gula dapat menggunakannya dengan leluasa. Kedelai juga bersifat alkali dan sebagai tambahan mengandung juga semua vitamin yang penting.

Bayi yang alergi terhadap susu sapi biasanya dapat minum susu kedelai tanpa kesulitan apapun.
Kedelai dipakai juga untuk membuat es krim, gula-gula, kecap dan tepung kedelai. Sisa pembuatan makanan dipakai untuk membuat  cat, pernis, obat kecantikan, karet sintetis dan tinta cetak.

Tidak disangsikan lagi kedelai dapat mengatasi persoalan untuk memberi makanan kepada dunia. Itulah salah satu makanan kita yang terbaik, pemberian alam yang besar kepada manusia.

0 komentar:

Post a Comment