8. Tentang Vitamin

Apakah Vitamin Itu?
Jika kita tidak makan apa-apa kecuali vitamin saja, kita segera akan mati kelaparan. Vitamin tidak memberi tenaga, dan tidak pula membangun jaringan yang sudah rusak. Meskipun demikian, tanpa vitamin kita tidak dapat hidup. Vitamin perlu, dan memegang peranan dalam semua reaksi kimia yang penting di dalam tubuh.

Kebanyakan reaksi sel diteruskan melalui enzima, tiap-tiap enzima bertanggung jawab atas beberapa reaksi kimia sendiri. Enzima terdiri dari persenyawaan vitamin dan mineral, semuanya bersatu padu dalam keadaan yang amat sukar diselami. Jika hanya satu vitamin yang hilang, enzima itu tidak dapat dibentuk dan beberapa fungsi tubuh yang penting tidak dapat dilaksanakan. Inilah sebabnya mengapa vitamin amat perlu untuk kesehatan.

Vitamin itu dibentuk di dalam tanaman yang terdapat di dalam semua makanan yang segar. tetapi beberapa vitamin mudah hilan bila dimasak terlalu lama, terutama vitamin C. Mengeringkan atau membiarkan makanan di panas matahari dan angin dapat pula mengakibatkan hilangnya vitamin.
Vitamin lain tidak mudah rusak dan dapat tahan  bila dimasak dan di rebus tanpa mengalami perubahan.
Berikut merupakan daftar vitamin yang utama dan gunanya.

Vitamin A
Dengan adanya vitamin ini, kulit tetap licin dan halus. Vitamin ini juga diperlukan juga untuk lapisan selaput lendir pada hidung, kerongkongan, cabang tenggorok, serta seluruh pencernaan, kandung kemih, ginjal dan organ-organ dalam rongga panggul. Vitamin A menolong dalam pertumbuhan tulang dan gigi normal, terutama pada anak-anak dan orang muda.

Bila tidak ada vitamin A, kulit menjadi tebal dan kasar, mata kelihatan suram dan tidak bercahaya. Batu ginjal dan kandung kemih lebih lazim terdapat pada orang yang makanannya kekurangan vitamin A. Vitamin ini menolong memerangi penyakit menular. Vitamin ini menjadikan mata terang dan menolong kita untuk melihat dalam terang dan samar-samar. Tanpa vitamin A penglihatan kita akan rusak.

Vitamin A dibentuk dari suatu zat kimia yang disebut caroten, yang terdapat di dalam sayur daun, dan juga di dalam wortel, ubi jalar, labu siam, labu, abrikos, buah persik, alpukat, semangka, dan buah-buahan seperti itu. Carotene lekas sekali diserap oleh tubuh dan kemudian disimpan di dalam hati dan disitulah diubahkan menjadi vitamin A untuk digunakan dimana saja diperlukan

Vitamin B Complex

Setelah menemukan zat yang mereka namakan vitamin B, para peneliti keheran-heranan waktu menemukan beberapa jenis vitamin dalam kelompok ini. Lebih dari selusin jenis vitamin ini, semuanya berbeda-beda dalam melaksanakan berjenis-jenis fungsi. Kebanyakanya vitamin B ini bekerja bersama-sama untuk kegunaan tubuh. Karena eratnyanya hubungan antara vitamin-vitamin ini, maka nama yang diberikan kepadanya ialah vitamin B complex.

Biji-bijian seperti beras, gandum, dan jelai, semuanya mengandung vitamin B complex, tetapi vitamin ini terutama terdapat pada kulit arinya. Ini berarti beras yang sudah diputihkan telah kehilangan sebagian besar vitamin yang penting ini. Demikian juga halnya dengan tepung putih dari gandum

Vitamin B1 (Thiamine)
Sumber Vitamin B1 ( Thiamine )

Thiamine atau vitamin B1, merupakan salah satu vitamin yang penting. Vitamin ini memasuki hampir setiap reaksi kimia di dalam tubuh. Tanpa thiamine, sel tidak dapat menggunakan oksigen atau bahan bakar untuk tenaga. Susunan urat saraf tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa thiamine, dan otot-ototpun tidak dapat bekerja sebaik-baiknya.

Sumber yang terbaik untuk vitamin B1, adalah biji-bijian yang masih berkulit ari, kecambah gandum, sayur-sayuran, kacang-kacangan kering, ercis (kacang polong) dan lain lain.
Thiamine tidak  terdapat dalam kebanyakan makanan yang dihaluskan seperti, tepung putih, kanji, gula putih, beras yang diputihkan dan lemak.

Vitamin B1 satu tidak dapat disimpan di dalam tubuh. Ini berarti bahwa vitamin ini harus ada di dalam makanan setiap hari. Natrium bicarbonat yang sering dipakai masak sayur-sayuran, sebenarnya merusak vitamin ini.
Anak yang sedang tumbuh, ibu yang sedang menyusui dan wanita yang sedang hamil, semuanya memerlukan lebih banyak vitamin B1.

Vitamin B2 (Riboflavin)
Vitamin B2 diperlukan untuk enzima dan memungkinkan tubuh untuk menggunakan hidrat arang. Bila riboflavin tidak ada di dalam makanan, retakan akan timbul pada sudut mulut. Mungkin bibir akan merah mengkilat yang tidak normal, mata seakan-akan terbakar dan lidah berwarna keungu-unguan.

Sumber terbaik untuk vitamin B2 adalah susu, telur, ercis, kacang-kacangan, ragi, biji-bijian yang berkulit ari, dan sayuran daun yang hijau. Vitamin ini mudah hilang dan terbuang bila makanan dimasak dengan terlalu banyak air.

Vitamin B3 (Niacin)
Sumber Vitamin B3 ( Niacin )

Niacin penting untuk kulit dan juga untuk susunan urat saraf pusat. Kekurangan niacin akan mengakibatkan suatu penyakit yang disebut pellegra. Kulit menjadi kasar, dan pasien menderita kehilangan tenaga berangsur-angsur. Ia mungkin melalui masa tekanan mental yang disebut "neurasthenia" (lemah saraf). Lambat-laun kulit menjadi coklat kemerah-merahan, kasar, mudah terkupas dan berwarna tua. Nyeri timbul di lidah dan mulut, kerongkongan seakan-akan terbakar. Pasien mengeluh karena kegugupan, pening, tidak dapat tidur dan otot yang lemah. Tangan dan kaki merasa kaku, dan tinja berbau busuk. Bila penyakit ini dibiarkan berlarut-larut, pasien akan mengalami berkhayal, mengigau dan pikiran kacau.

Pencegah tidak sukar. Makanan yang seimbang mengandung niacin. Seperti susu, telur, buah-buahan, sayur-sayuran hijau yang masih segar,dan biji-bijian yang belum diputihkan biasanya memberi cukup niacin untuk memelihara kesehatan.

Pyridoxine (Vitamin B6) erat sekali hubungannya dengan vitamin B yang lain. Vitamin ini terdapat dalam biji-bijian yang masih ada kulit arinya dan kebanyakan makanan yang segar. Bila kekurang vitamin ini, bayi kecil mungkin mengalami penyakit kejang(convulsio). Orang dewasa menderita perasaan gugup dan mudah tersinggung. vitamin ini terdapat di dalam susu yang sudah melalui proses pasteurisasi dan susu kental.

Vitamin B12
Vitamin B12 amat penting dalam pembuatan sel darah merah. Bila seseorang kekurangan vitamin ini akan menderita berbagai jenis anemia. Pasien itu mungkin merasa nyeri. gelenyar dan kaku pada tangan dan kaki. Vitamin B12 berguna untk merawat penyakit tropical sprue dan anemia perniciosa. Makanan yang seimbang biasanya berisi cukup vitamin B12. Suntikan vitamin B12 berguna untuk menaikkan kadar darah.

Vitamin C (Ascorbic Acid)
Vitamin C, atau ascorbic acid merupakan vitamin penyembuh yang mustajab. Vitamin ini berguna sekali bagi mereka yang menderita infeksi yang hebat atau penyakit yang sudah berlarut-larut. Kekurangan vitamin C disebut scorbut. Scorbut sering dialami oleh wanita yang sedang mengandung, ibu yang menyusui, dan orang yang hidup dengan makanan yang terbatas.

Vitamin C mudah sekali dirusakkan oleh panas dan tidak tahan bila dimasak lama-lama. Natrium bicarbonat atau soda kue merusakkan vitamin C. Vitamin C tidak dapat disimpan di dalam tubuh, sebab itu setiap hari kita harus memakan makanan yang mengandung vitamin ini.

Sumber yang terbaik untuk vitamin C ialah jeruk, anggur, tomat, alpukat, jambu biji, dan buah-buahan segar pada musimnya. Kebanyakan sayur-sayuran mengandung juga vitamin C, tetapi sebagian daripadanya mungkin hilang atau rusak.

Vitamin D
Vitamin ini diperlukan untuk pertumbuhan tulang yang kuat dan sehat untk memelihara konsentrasi kalsium dan fosfor yang tepat di dalam tubuh.
Kekurangan vitamin D ini mengakibatkan kelainanbentuk yang serius pada tulang-tulang.

Sumber terbaik untuk vitamin D ialah kuning telur, minyak ikan dan susu yang sudah disinari. Tubuh manusia menghasilkan banyak sekali vitamin D oleh pengaruh cahaya matahari. Minyak alam di kulit diubahkan dan banyak sekali Vitamin D yang dihasilkannya. Di daerah yang cahaya mataharinya kurang, pemakaian radiasi ultraviolet digunakan untuk mencapai maksud yang sama.

Vitamin E
Vitamin E erat hubugannya dengan fungsi pembiakan tubuh. Vitamin inipun mempengaruhi otot-otot dan mungkin jantung juga. Banyak ahli menyatakan tentang faedah vitamin E, tetapi kegunaan vitamin ini yang sebenarnya masih belum dibuktikan.

Vitamin E banyak terdapat dalam bij-bijian yang berkulit ari, sayur-sayuran hijau, minyak jaitun, minyak kelapa dan berjenis-jenis minyak tumbuh-tumbuhan yang lain.

Vitamin K
Vitamin K perlu sekali untuk pembekuan darah. Kekurangan vitamin ini mengakibatkan pendarahan yang tidak henti-hentinya dan anemia yang hebat. Vitamin K rupanya mengontrol produksi prothrombin di dalam hati.

Vitamin ini banyak sekali di dalam sayur-sayuran hijau dan juga di dalam kedelai dan tomat. Suatu penyakit yang serius pada hati, terutama icterus, mungkin menggangu pekerjaan vitamin ini

0 komentar:

Post a Comment