6. Mineral Yang Penting Untuk Tubuh

Semua mineral yang ada di dalam tubuh berfungsi banyak dan penting. Calcium dan fosfor diperlukan untuk membina tulang dan gigi yang kuat. Tanpa bahan ini tubuh segera akan ambruk.

Berbagai jenis mineral terdapat di dalam tubuh, kebanyakan dalam kadar yang sangat sedikit, yang disebut "trace metals". Mineral lain seperti cobalt dan tembaga penting bagi tubuh. Yang lain jarang sekali, dan tidak tahu dengan pasti apa fungsi beberapa diantaranya. Tetapi ada 4 jenis mineral utama anatara lain: calcium, fosfor, besi dan jodium yang amat penting bagi tubuh kita.

Calcium
Calcium, atau zat kapur, adalah mineral yang paling banyak di dalam tubuh. Hampir senua calcium terdapat di dalam tulang, dimana disediakannya kekuatan dan keseimbangan yang tetap bagi seluruh tubuh. Sebagian kecil calsium selalu dibawa kedalam aliran darah, dan bahan itu antara lain digunakan untuk mencegah pendarahan yang serius.

Calsium juga perlu untuk urat saraf dan otot. Bila kadar calsium ditubuh merosot, urat saraf menjadi peka dan otot menjadi sangat kejang. Sebab itu perasaan kesemutan atau kejang terasa di beberapa bagian tubuh, terutama pada otot-otot besar di tungkai. Tapi jauh lebih penting ialah calcium  di dalam otot jantung. Bila calcium  di dalam aliran darah dikurangi, jantung akan lekas kehilangan tenaga, menjadi tidak teratur, mungkin malahan berhenti sama sekali. Supaya tetap sehat kita harus mempunyai persediaan yang cukup di dalam makanan pada setiap waktu.

Penyakit Tulang Yang Memerlukan Calcium
Di dalam tulang, ada dua jenis mineral yakni calcium dan fosfor disenyawakan untuk menguatkan dan mengeraskan kerangka atau susunan tulang di dalam tubuh. Banyak reaksi kimia di dalam tubuh memerlukan calsium dan fosfor. Sebab itu selamanya ada pertukaran mineral-mineral antara tulang dan aliran darah. Para ibu yang masih muda memerlukan calcium tambahan, terutama pada selama masa mengandung dan merawat bayi.

Di dalam tubuh terjadilah hubungan kimia yang erat antara calcium, fosfor dan vitamin D. Kekukarangan salah satu daripadanya dapat mengakibatkan gangguan yang serius pada kerangka tubuh. Pada anak-anak penyakit ini disebut rachitis. Pada orang dewasa disebut osteomalacia.

Penyakit RachitisAnak kecil yang menderita penyakit ini  merasa gelisah pada malam hari dan terganggu tidurnya. Jikalau penyakit ini tidak lekas diobati, Pertumbuhan anak itu akan terhalang. ia menderita kelemahan yang nyata sekali pada tulang-tulang, dan lamban sekali anak itu akan duduk, merangkak dan berjalan. Berat tubuhnya mungkin membengkokkan lutut, tulang, serta persendian lainnya sehingga menyebabkan kaki O (genu varum), dada busung (pigeon breast) dan lutut bengkok ke dalam (genu valgum).

Pada orang dewasa tulang kaki dan paha mungkin kehilangan mineral yang normal. Tulang itu menjadi lembek dan bengkok oleh tekanan berat badan. Tulang Panggul merata dan pintu bawah panggul menyempit, suatu kesulitan yang serius sekali pada waktu melahirkan. Tulang belakang mungkin mejadi pendek sehingga orang itu berkurang tingginya serta menjadi cebol dan bungkuk.

Baik rachitis maupun osteomalacia dapat disembuhkan atau sekurang-kurangnya diatasi dengan makan cukup banyak makanan yang mengandung calcium, fosfor dan vitamin D. Tetapi kelainan bentuk yang diakibatkannya mungkin tidak akan hilang kalau penyakit itu dibiarkan saja terlalu lama.

Sumber yang terbaik untuk calcium adalah susu dan sejenisnya, sayur2an yang hijau, ercis,  buncis, telur, kedelai, kentang dan ikan. Tetapi orang itu harus juga mendapat cukup sinar matahari agar mendapat faedah terbesar dari vitamin D dan calcium di dalam makanannya.

Fosfor
Fosfor adalah mineral lain yang amat penting, karena banyak hubungannya dengan fungsi-fungsi semua sel di dalam tubuh. Fosfor  memegang peranan dalam banyak reaksi kimia yang penting dan ada hubungannya dengan zat-zat penting lainnya, seperti enzima, protein, dan hidrat arang. Tanpa fosfor di dalam tubuh, anda tidak dapat mengangkat kening atau menggerakkan jari sekalipun. Fosfor menolong juga memelihara keseimbangan asam basa yang normal di dalam tubuh dan perlu sekali dalam pembentukkan gigi yang seh.at dan tulang yang kuat.
Fosfor diperlukan sekali oleh pasien yang sedang sembuh dari penyakit yang serius dan pembedahan.

Besi di dalam Aliran Darah
Mineral lain yang penting adalah besi, karena termasuk dalam reaksi hidup yang utama. Kadar besi ditubuh kita tak seberapa tetapi kegunaannya amat mengherankan.
Tanpa logam ini kita tak dapat hidup sesaatpun.

Paling banyak zat besi terdapat di dalam sel darah merah, dimana terbentuk hemoglobin. Inilah zat merah yang memberi warna merah pada darah. Hemoglobin mempunyai suatu fungsi yang amat penting, ialah mengantarkan oksigen ke segala jaringan tubuh dan menjaga kelanjutan hidup kita.

Sel darah merah amat kecil bentukknya. Biasanya di dalam setetes darah yang tidak lebih besar dari kepala peniti terdapat sekitar 5.000.000 butir. Sel yang kecil ini berbentuk bulat pada tepinya dan cekung di tengah, kira kira seperti piring sehingga menyebabkan lebih mudah oksigen dan karbon dioksida bertukar.

Tiap-tiap sel merah berisi 250.000.000 molekul hemoglobin, dan seribu juta atom besi. Dalam beberapa detik selama sel-sel darah merah yang kecil ini melalui paru-paru, seribu juta molekul oksigen diambilnya dari udara di dalam paru-paru. Pada waktu yang sama ditinggalkannya seribu juta molekul karbon dioksida yang telah dikumpulkannya dari jaringan tubuh. Karbon dioksida yang tidak diperlukan  ini akhirnya dikeluarkan dari tubuh pada waktu kita menghembuskan nafas keluar. Sebab itu kita harusmenghirup udara segar untuk memberikan oksigen pada sel-sel darah merah.
Aliran Darah
Sebagian besar sel hidup di dalam tubuh bertahun tahun lamanya, mungkin ada yang seumur hidup. Tetapi tidak demikian halnya dengan sel darah merah. Sel darah merah hidup hanya kira-kira empat bulan,dan kemudian harus dibinasakan. Ini berarti bahwa sel yang baru harus dihasilkan dalam jumlah yang besar untuk menggantikan sel tidak dipakai lagi.
Untuk maksud ini lah tubuh kita harus membuat berjuta-juta sel merah yang baru setiap menit, hanya untuk memenuhi persediaan yang normal. Tiap-tiap sel merah yang kecil hanya membawa sedikit kadar besi yang dibagikan oleh tubuuh dengan tepat sekali, sehingga setiap sel mempunyai zat besi secukupnya saja untuk melaksanakan tugasnya.

Dengan ini kita melihat bahwa zat besi amat penting untuk keselamatan seluruh bagian tubuh. Zat besi yang sudah rusak tidak dibuang, melainkan diambil oleh hati dan limpa, dan dipakai lagi berulang ulang. Tetapi sebagian zat besi mungkin hilang dari tubuh karena berbagai sebab, seperti wasir yang berdarah, luka atau selama haid.

Banyak jenis makanan mengandung zat besi dalam berbagai bentuk, meskipun bukan semua zat besi dapat diserap. Telur, buah abrikos, kismis, kentang, sayur-sayuran hijau, biji-bijian yang masih berkulit ari, daging yang tidak bergajih dan hati semuanya menjadi sumber zat besi yang baik.

Jika seorang menderita penyakit kekurangan darah, ada baiknya ia menambah zat besi dalam bentuk pil tetapi harus menurut resep dokter. Para dokter sering memberi vitamin B12 untuk menyembuhkan beberapa jenis anemia atau penyakit kurang darah.

Jodium
Sebenarnya di dalam tubuh kita terdapat hanya sedikit sekali jodium, tetapi adanya zat ini penting untuk kesehatan. Banyak hal dapat terjadi bila jodium di dalam tubuh hilang keseimbangannya.
Dari saluran pencernaan, jodium it masuk ke dalam aliran darah dan segera diterima oleh kelenjar gondok. Kelenjar gondok ialah suatu kelenjar yang agak besar yang terdapat pada leher muka bagian bawah, persis dibawwah "lekum" atau Pomum Adami.

Disitulah jodium diubahkan menjadi thyroxin, suatu hormon yang kuat dengan banyak fungsi penting di seluruh tubuh. Thyroxin mengatur semua aktivitas bermacam-macam alat tubuh.

Orang yang kekurangan thyroxin mudah merasa dingin, sebaliknya yang kelebihan thyroxin mungkin merasa terlalu panas.
Kelenjar gondok juga mengontrol keadaan kulit. Seorang anak kecil yang kelenjar gondoknya tidak beres mungkin menjadi cebol dengan air muka yang kasar, bibir tebal, hidungnya penyek, dan lidah menonjol, yang dikenal dengan istilah cretinism. Penyakit ini disebabkan oleh kekurangan jodium di dalam makanan ibu selama dalam kandungan. Anak seperti ini dapat ditolong, asalkan dirawat dengan lekas. Keadaan yang sama (hypothyreoidisme) mungkin dialami pada usia lanjut, dan juga sesudah kelenjar gondok dikeluarkan seluruhnya. Pasien seperti itu seharusnya mngambil cukup jodium tiap hari semasa hidupnya.

Pencegahan penyakit gondok agak mudah dewasa ini. Garam yang mengandung jodium mudah diperoleh dimana-mana, dan dalam banyak hal dapat  mencegah penyakit sebelum mulai. Sumber lain untuk jodium termasuk makanan laut,dan semua sayur-sayuran yang tumbuh dekat pantai.

Garam
Garam meja yang biasa, yang disebut natrium chlorida, amat penting untuk mempertahankan keseimbangan asam basa yang normal di dalam tubuh. Tetapi garam meja harus digunakan secukupnya saja, asal saja seorang tidak menderita penyakit ginjal ataupun penyakit jantung.

Oedeem atau sembab atau pembengkakan tungkai dan mata kakidapat terjadi bila terlalu banyak garam di dalam tubuh. Hal ini disebabkan tidak sempurnanya pembuangan garam melalui ginjal. Tekanan darah mungkin naik dan tidak turun lagi sampai kelebihan natrium sudah dikeluarkan dari tubuh.

Sebaliknya, garam tambahan sering diperlukan selama cuaca panas. Bila kita bermandikan keringat, banyak garam dikeluarkan dari tubuh, dan mengakibatkan kekejangan otot yang nyeri rasanya.

0 komentar:

Post a Comment