3. Persedian Air

Hujan merupakan sumber asli air minum kita. Titik hujan terjadi dari uap air yang naik. Pada waktu awan melewati daratan berubah awan tersebut  menjadi titik hujan. Kita mengetahui bahwa angin keras yang disertai hujan  menyapu udara, sehingga bersih dari debu dan asap.

Tetesan air hujan biasanya tidak mengandung kuman  penyakit, meskipun ada sedikit debu dan barangkali sedikit kuman kecil yang tidak berbahaya. Masalah akan timbul ketika air hujan tersebut menyentuh permukaan bumi. Air hujan yang menghanyutkan kotoran di kebun berpupuk, diperkarangan, dan di jalan-jalan kota sudah mengandung bermacam-macam kuman, beberapa diantaranya berbahaya bagi manusia. Banyak kuman tersebut berasal dari kotoran manusia dan binatang dan mungkin dapat mengakibatkan penyakit usus yang berbahaya.

Memurnikan Air Minum
Jikalau anda merasa ragu-ragu dengan kemurnian air minum anda, masaklah air itu baik baik. Air mudah sekali menjadi kotor, sehingga tidak baik untuk keperluan manusia. Sebab itu berhati-hatilah, Air yang kelihatan jernih boleh jadi penuh kuman-kuman yang tidak dapat dilihat.

Persediaan air di kota tidak selamanya baik, terutama selama musim kemarau. Memasak air sampai mendidih akan membinasakan semua kuman yang berbahaya. Sebab itu air panas lebih aman  untuk diminum pada waktu bepergian jauh. Tetapi dimanapun anda berada, ingatlah bahwa air yang paling bersih sekalipun mudah kotor kecuali disimpan di dalam tempat yang bersih.

Salah satu bahan kimia yang dapat dipakai untuk memurnikan air minum disebut kaporit. Kini bahan itu disediakan dalam botol-botol. Seperlima gram atau satu sendok teh kaporit sudah cukup untuk memurnikan 20 liter air. Proses ini disebut chlorinasi

Struktur Pemurnian Air
Air Sebagai Cairan Yang Memberi Hidup
Sesungguhnya air itu merupakan cairan yang memberi hidup. Tidak suatupun yang dapat menggantikannya. Persediaan air yang baik penting sekali bagi tiap-tiap rumah. Lebih dari dua pertiga tubuh anda terdiri dari air dalam beberapa bentuk. Tiap-tiap hari ginjal anda menyaring 170 liter air untuk anda. Kebanyakan cairan ini masuk kembali ke dalam aliran darah. Hanya sebagian kecil yang dibuang sebagai air seni. Air yang dibuangkan itu membawa serta kotoran yang tidak perlukan oleh tubuh anda.

Seseorang yang tidak meminum air yang cukup mungkin akan segera mengalami kesulitan tubuhnya. Mungkin ia akan menderita sembelit dan penderitaan lainnya dalam pencernaan. Butir batu akan terbentuk dalam ginjalnya dan kandung kemihnya, sehingga dapat mengakibatkan infeksi yang hebat pada ginjal atau kandung kemih.
Kekurangan air juga dapat menambahkan beban tambahan pada jantungnya. Setiap orang yang ingin tetap kuat dan sehat harus minum banyak air bersih setiap harinya, sebab sesungguhnya air itu merupakan carian yang memberi hidup.

0 komentar:

Post a Comment