2. Menjaga Kesehatan Keluargamu

Cahaya Matahari Membunuh Kuman dengan Cepat
Hampir semua kuman mati dengan segera bila kena cahaya matahari secara langsung. Tidak ada yang lebih baik daripada cahaya matahari dalam usaha membebaskan manusia dari bahaya kuman.
Isteri yang bijaksana akan selalu memperhatikan bahwa rumahnya diberi ventilasi yang baik dan udara silih berganti dengan leluasa setiap hari. Biarkanlah cahaya matahari bersinar langsung diatas lantai tiap ruangan sebanyak banyaknya.

Semua lantai harus dibersihkan sebaik-baiknya setiap hari. Setiap orang yang datang ke rumah anda membawa kuman pada kaki dan pakaiannya. Tangannya pun membawa kuman yang didapat dari apa saja yang dipegangnya. Kebanyakan tidak berbahaya, tetapi ada juga yang cukup bahaya yang menyebabkan penyakit serius. Kebersihan mutlak penting untuk kesehatan. Tangan, tubuh, dan rumah yang bersih adalah dasar peradaban yang sebenarnya.

Binatang Juga Dapat Menyebarkan Kuman Penyakit
Binatang atau Hewan Penyebar Penyakit
Kuman penyakit dapat masuk rumah anda dengan berbagai cara. Kuman dapat dibawa oleh kaki dan tubuh binatang baik hewan piaran atau pun hewan liar. Tikus sering emnyebarkan kuman-kuman berbahaya, termasuk kuman yang menyebabkan penyakit pest, typhus exanthematicus dan banyak lagi penyakit lain.

Terutama lalat, sungguh amat berbahaya, sebab lalat membawa kuman typhus abdominalis, disentri, mencret, dan gangguan perut lainnya. Bahkan burung yang bermigrasi dari satu bagian negeri ke bagian negeri yang lainy mungkin membawa kuman dan virus yang menyebabkan penyakit menular yang berbahaya.

Kuman meruapakan suatu ancaman terhadap umat manusia. Manakala terjadi suatu keadaan darurat, seperti gempa bumi atau bencana alam yang lain, yang pertama-tama dipikirkan oleh dinas kesehatan ialah persediaan air minum serta pembuangan air kotor dan sampah-sampah. Hal ini wajib dilakukan jika masyarakat mau tinggal sehatdan bebas dari penyakit, terutama penyakit menular. Kita masing-masing bertanggung jawab atas kesehatan kita sendiri.

Pembersihan Sampah
Pembuangan kotoran manusia dengan baik adalah salah satu hukum kesehatan yang terutama. Dimana saja manusia tinggal  di situ terdapat lalat dan lalat berkembang biak pada kotoran dan sampah.

Setiap keluarga harus mempunyai cara yang pantas untuk pembuangan kotoran, seperti tanki septik / septic tank (tempat pemusnahaan kotoran dengan cara pembusukan). Metode ini sebenarnya ditemukan di India beberapa abad yang lampau.

Membuat Tanki Septik
Cara pembuangan kotoran yang terbaik adalah dengan membangun sejenis tanki septik. Ini tidak terlalu sulit. Galilah sebuah lubang besar yang berbentuk persegi panjang. Alasilah dara dan dinding nya dengan beton supaya tidak diresapi air. Lubang itu harus mempunyai tiga bagian, seperti yang ditunjukkan dalam gambar. Dibagian atas harus ditutup rapat-rapat dan kuat untuk mencegah bau dan lalat.. Semua air kotoran dari rumah  dapat dialirkan kedalam tanki itu. Sementara kotoran mengalir perlahan-lahan melalui ketiga bagian lubang itu, bakteri yang berguna atau kuman yang ada di dalam tanki mengadakan perubahan kimiawi yang akhirnya dapat menghilangkan semua bahaya infeksi dan kontaminasi.




0 komentar:

Post a Comment