12. Hal-Hal Penting Dalam Merawat

Menolong Diri Sendiri
Sisakit harus dianjurkan untuk menolong dirinya sendiri sebanyak-banyaknya. Membersihkan mulut amat penting selama sakit. Biarkanlah sisakit melakukannya sendiri sebanyak-banyaknya. Jika ita tidak dapat menyikat giginya sendiri, maka anda harus menolongnya. Kebersihan mulut perlu sekali bagi pasien yang menderita pitam otak ataupun serangan jantung. Jika lidah kotor, pakailah campuran glycerin dan air jeruk untuk membersihkan mulut dan lidah. Ini harus dilakukan sesudah makan

Memandikan Sisakit
Cara Memandikan Si Sakit
Mandikanlah seluruh badan sisakit setiap pagi, kecuali dokter memerintahkan sebaliknya. Ini akan memperbaiki peredaran darah, menolong dia merasa lebih baik dan juga membuangkan segala kotoran yang terkumpul di kulit sepanjang malam.

Untuk memandikan sisakit di tempat tidur, mulailah dengan memandikan wajah, telinga dan leher lebih dulu. Kemudian lengan, dada, tangan, perut, punggung, tungkai, paha dan akhirnya bagian alat kelamin. Gantilah air beberapa kali selama memandikan. Suhu air harus enak dan menyenangkan sisakit. Basuhlah setiap bagian tubuh baik-baik dan kemudian keringkanlah dengan sebuah handuk yang tebal.

Sesudah dimandikan, taruhlah sedikit bedak talk yang biasa ke seluruh tubuh. ini akan menghindarkan gangguan dan memberikan perasaan yang sedap dan segar di seluruh tubuh. Sikat dan sisirlah rambut sisakit setiap pagi. Biarkanlah pasien pria bercukur sendiri jika mungkin.
Kecantikan banyak sekali artinya, teristimewa kepada pasien wanita. Berilah semangat kepadanya dengan memberikan baju panas yang menarik. Suruhlah dia menyuntingkan kembang indah pada rambutnya. Sesudah itu putarkanlah radio untuk mendengar musik yang baik.imagelink

Memperhatikan Suhu Tubuh
Temperatur normal ialah 37 derajat C tetapi mungkin lebih tinggi sedikit pada beberapa orang dan lebih rendah pada orang lain.
Tulislah selalu berapa tingginya suhu tubuh segera sesudah mengukurnya. Hal ini sangat diperlukan oleh dokter bila ia datang memeriksa sisakit.

Denyutan Nadi
Memeriksa Denyut NadiSekarang anda harus belajar bagaimana memeriksa denyut nadi. Taruhlah ujung jari anda perlahan-lahan pada ujung pergelangan sisakit di dekat ibu jari. Tekanlah secukupnya saja untuk memperhatikan nadi itu berdenyut apakah teratur atau tidak teratur, dan juga rasanya lemah atau kuat. Jika anda mempunyaj arloji dengan jarum detik, hitunglah denyutan nadisekurang-kurangnya selama 1 menit dan catatlah. Denyutan normal pada seorang dewasa harus diantara 70 dan 90 kali tiap menit. Tetapi bila demam, denyutan mungkin naik sampai 120 kali atau lebih. Denyutan pada anak-anak kecil mungkin melebihi 100 dan masih disebut normal

Sesudah menghitung denyutan nadi, catatlah berapa sering sisakit bernapas. Anda dapat melakukannya dengan memperhatikan dadanya naik turun. Hitunglah selama satu menit penuh dan catatlah hasilnya. Pernapasan yang cepat dapat menjadi tanda bahaya seperti payah jantung. Sebaliknya menarik napas panjang mungkin disebabkan oleh depressi atau barangkali kecemasan yang tersembunyi.

0 komentar:

Post a Comment