11. Persiapan Untuk Merawat Sisakit Di Rumah

Jangan biarkan dirimu menjadi bingung. Buatlah apa yang harus dilakukan dalam cara yang teratur, dengan tidak usah terburu-buru. Merencanakan dengan bijaksana akan banyak menghemat waktu pada akhirnya. Jika perlu panggilah anggota keluarga yang lain untuk menolong anda. Tetapi ingatlah, hanya satu orang yang harus bertanggung jawab atas perawatan kepada orang sakit dirumah. Orang itu mungkin anda sendiri. Anda harus bersedia melaksanakan kewajiban ini dengan bijaksana menurut petunjuk dokter.

Kamar Pasien
Pengaturan kamar pasien sangat penting agar ia merasa senang dan sejahtera. Ingatlah, tempat ini menjadi bumi yang kecil baginya sementara ia terbaring sakit. Sebab itu jadikanlah kamarnya suatu tempat yang menggembirakan dan menarik setiap waktu. Kamar itu harus terang dan segar udaranya pada siang hari, tetapi mata pasien harus dilindungi dari cahaya. Kamar harus mempunyai cukup ventilasi selama musim kemarau. Jagalah supaya udara segar selalu silir-semilir, tetapi jangan biarkan kedinginan oleh angin yang dingin.

Perabot Untuk Merawat Si Sakit Di RumahUntuk seorang pasien yang sakit keras, mungkin lebih baik menggunakan tempat tidur seperti yang di rumah sakit. Tetapi mungkin anda tidak suka mengeluarkan uang semahal itu. Cobalah naikkan tempat tidur kira-kira 6 inchi dengan menggunakan balok kayu di kakinya. Lubangi sedikit bagian atas pada balok penyangga itu, Jagalah supaya tempat tidur tersebut tidak goyah. Seorang pasien yang sudah tua dan gugup perlu merasa aman meskipun di tempat tidur sekalipun.

Perabot Yang Anda Perlukan
Sebuah meja disisi tempat tidur baik benar bagi pasien karena memungkinkan dia melakukan sesuatu untuk dirinya sendiri. Pasien jangan dibiarkan menghadap ke jendela yang terang karena hal ini dapat mengakibatkan sakit kepala. Tutuplah tirai selama hari panas tetapi bukalah lebar pada malam, terutama jika cuaca agak panas

Menyiapkan Perlengkapan Sendiri
1. Lemari pasien
2. Meja di sisi tempat tidur
3. Meja di tempat tidur, ini amat berguna pada waktu makan.
4. Bantal-bantal berbentuk baji, berguna untuk menopang seorang pasien di tempat tidur.
5. Tempat sampah yang praktis


Jangan Meremehkan Hal Kecil
Jagalah kebersihan dan kerapihan kamar pada setiap saat. Sebuah kamar yang teratur akan menolong dia merasa lebih baik dan dapat mempercepat kesembuhannya. Bersihkanlah kamar itu setiap hari, tetapi kerjakanlah perlahan-lahan. Menyapu kuat-kuat sehingga debu berterbangan di udara mengganggu pernapasan si pasien.

Jangan heran jika melihat ada pasien sering mencari kelegaan dengan jalan mencucurkan air mata. Hal seperti ini biasa saja selama menderita penyakit tertentu. Biarkanlah pasien melampiaskan perasaannya sendiri. Dengan jalan ini sering ketegangan saraf dapat diringankan.
Jika dia kelihatan murung, bercakap-cakaplah dengan dia mengenai sesuatu yang menggembirakan. Ini akan meringankan dia dari kekecewaan.

Bacakanlah dengan nyaring kepadanya, dengan memilih beberapa kutipan dari Kitab Suci. Pembacaan ini akan memberikan sesuatu yang menggembirakan yang dapat direnungkannya. Semangat yang penuh kegembiraan akan meredakan nyeri dan meringankan penderitaanya.

0 komentar:

Post a Comment