10. Mengontrol Berat Badan

Sukarkah bagi anda untuk mepertahankan berat badan yang normal?
Hippocrates, "bapak ilmu kedokteran" dan seorang peneyelidik yang ahli memperhatikan bahwa "orang-orang gemuk meninggal dengan tiba-tiba. Tentu saja bukan dalam segala hal, tetapi kematian mendadak sering terjadi pada orang gemuk sehingga para dokter terpaksa memberi nasehat.
Dengan kata lain , makin panjang lilit pinggang, makin pendek usia anda !Ya penting sekali memperhatikan berat badan, dengann tidak membiarkan diri menjadi terlalu kurus atau terlalu gemuk, melainkan berusaha mempertahankan berat yang diingini.

Perubahan sering terjadi pada akhir usia duapuluhan tahun, dang mengurangi kesesuaian tubuh seseorang. Kebiasaan malas mulai menjalar bila seseorang hilang kecakapannya untuk berlari, berenang atau kegiatan lainnya yang menyehatkan.

Bahaya Kelebihan Berat
Sangat mengherankan kalau kita memikirkan tentang perubahan yang akan terjadi pada perawakan kita yang tampan dan muda hanya oleh makan sedikit kalori tambahan tiap hari lebih dari yang kita perlukan. Sebagai contoh, jika anda makan hanya sepotong roti extra sehari lebih dari yang anda perlukan , dan terus-menerus berbuat demikian, selama lima tahun, anda akan menambahkan kira-kira 20 kg pada berat badan anda dan dalam sepuluh tahun kira-kira 40 kg.

Semua lemak tambahan ini memberi beban pada jantung, ginjal, dan hati dan juga persendian yang memikul berat badan, seperti panggul, lutut, dan mata kaki. Ini berarti bahwa badan anda akan lekas rusak karena menanggung semua berat tambahan ini. kalori yang berlebih-lebihan itu dapat membawa kematian.

Berat Badan Yang Diingini
Berapa banyak kalori yang anda perlukan setiap hari?
Hal itu tergantung pada banyak hal, seperti jenis pekerjaan yang anda lakukan, umur, perawakan, dan kegiatan bekerja. Seorang tukang kayu yang bekerja keras mungkin membutuhkan 5.000 kalori sehari. Untuk bekerja terus ia harus makan secukupnya. Sebaliknya, majikan yang duduk dikantor mungkin hanya memerlukan  2.200 kalori sehari. Istrinya yang sibuk dengan urusan rumah tangga sepanjang hari, mungkin hanya memerlukan 2.500 kalori. Tetapi seorang sekretaris kantor mungkin cukup dengan 1.800 kalori sehari.
Semua tergantung pada kegiatan kita bekerja. Pada usia 25 tahun kita biasanya membakar semua kalori tanpa kesulitan, Pada usia 35 tahun situasi mulai berubah. Sekarang kta berubah menjadi kurang aktif. Kita sering duduk-duduk dan mungkin memakai alat-alat penghemat tenaga kerja supaya kita tidak usah bekerja berat. Ini berarti bahwa kita harus mengatur banyaknya makanan sesuai pekerjaan yang kita lakukan, dan bukannya sesuai yang dilakukan orang lain.

Menurunkan Berat Badan Secara Bijaksana

1. Batasi banyaknya makanan
Teruskanlah dengan makanan yang seimbang tetapi kurangi segala penganan yang mewah yang sangat anda gemari. Tetapi jangan lupa memasukkan cukup banyak kentang dan biji-bijian yang masih berkulit ari di dalam makanan anda. Jangan lupa pula untuk menghindarkan semua makanan yang mengandung lemak, seperti es krim, kue-kue yang mewah, dan segala macam gula-gula.

2. Berhati-hatilah dengan sisa makanan
Banyak ibu menambah berat badan mereka sebab mereka tidak suka  melihat makanan dibuang-buang. Jauh lebih baik mengurangi makanan yang disediakan dan menghindarkan persoalan "sisa makanan:.

3. Hentikanlah makan diatara waktu makan
Latihlah dirimu untuk meniadakan makanan yang tidak perlu. Lambat-laun anda akan menikmati cara hidup dengan makanan yang dikurangi, dan anda akan heran melihat berapa sehat perasaan badan anda.

4. Gerak badan yang teratur
Gerak badan yang teratur yang diadakan setiap hari, akan menolong memakai kalori tambahan itu. Gerak badan yang terbaik adalah berjalan kaki. Menggerak-gerakan otot tungkai yang besar itu akan menolong membakar lebih banyak kalori yang tidak diperlukan.

5. Makanlah dengan teratur
Tidak ada alasan untuk tidak menikmati makanan, meskipun sekarang makan kurang dari biasanya. Lambat-laun anda akan belajar makan agak kurang dan lebih menikmatinya.

6. Jangan tahan lapar lama-lama
Makan dengan teratur dengan ukuran adalah jalan yang terbaik untuk mengurangi berat badan.

7. Jangan lupa makan pagi
Hal ini menolong anda dalam pekerjaan sepanjang hari, dan anda akan terhindar dari pencobaan untuk makan gula-gula dan jajan di antara waktu makan.

8. Makanlah lebih banyak makanan ini
Slada, sayur-sayuran hijau, tomat dan wortel. Semuanya mengandung sedikit kalori, tetapi banyak vitamin dan mineral dan mempunyai nilai makanan yang baik. Makanan seperti ini dapat juga digunakan untuk menghindarkan perasaan lapar di antara waktu makan, jika anda terpaksa memakan sesuatu.

Anjuran Untuk Menambah Berat Badan
Ada dua jenis orang kurus. Jenis yang pertama kekar dan bersemangat, seperti anjing pemburu. Orang seperti itu jarang sakit. Mereka kuat makan, tetapi berat badan tidak bertambah. Karena mereka selalu giat mengadakan gerak badan, mungkin mereka membakar habis energi mereka.

Orang kurus jenis kedua tidak kekar dan kurang bersemangat. Mereka kekurangan tenaga dan semangat. Kebanyakan dari mereka lekas lelah dan sering berpikir-pikir apa yang salah dengan mereka. Makanan yang mewah biasanya menjadikan mereka sakit. Karena jarang sekali dapat menghabiskan sajian yang dihidangkan, mereka hanya makan beberapa suap dan merasa sudah kenyang.

Badan KurusBeberapa dari mereka mungkin mempunyai lambung yang kecil yang rendah kapasitasnya. Orang seperti ini dapat menolong dirinya sendiri oleh makan berdikit-dikit dan lebih sering. Ada pula yang dapat memperbaiki keperluan gizi mereka dengan minum sari buah diatara waktu makan. Mereka selamanya memilih makanan sederhana, karena makanan yang mewah-mewah tidak cocok bagi mereka.

Lebih dari segala sesuatu, belajarlah melegakan diri. Hal ini akan menolong mengurangi ketegangan urat saraf sementara mengembalikan kegiatan tubuh kepada keadaan yang normal. Banyak orang kurus sangat merasa letih karena ketegangan saraf. Kebanyakan dari mereka terlampau teliti, sering menguatirkan keadaan yang tidak dapat mereka ubahkan. Ada pula diantaranya yang terlalu ketat ikat pinggangnya sehingga alat pencernaan mereka tidak dapat bekerja dengan normal.

Suatu istirahat yang tenang menjelang makan malam dan juga menjelang makan tengah hari diperlukan guna mengembalikan tenaga hidup ke seluruh tubuh. Usahakanlah mengurangi segala kegiatan yang berlebihan, karena hal ini pula akan menolong mengurangi ketegangan. Cara seperti itu digabungkan dengan tidur tenang pada malam dan gerak badan secukupnya di udara segar setiap hari adalah suatu resep yang baik sekali untuk kesehatan. Cobalah


0 komentar:

Post a Comment