5. Makanan Yang Membina Tubuh


Asupan Yang Dibutuhkan Tubuh
Tahukah anda bahwa kalau anda hidup sampai 70 tahun , makanan yang anda makan mungkin 1400 kali lebih berat daripada berat tubuh anda sendiri?

Setiap kali makan, anda mengambil suatu keputusan yang penting mengenai masa depan anda sendiri. Apa yang anda makan , dan bagaimana cara makan dapat menentukan berapa lama anda akan hidup dan apakah anda akan sakit atau sehat.

Semua bentuk kehidupan, tanaman maupun binatang, memerlukan unsur makanan tertentu agar dapat hidup dan berkembang biak. Bahan makanan ini harus ada di dalam makanan dan juga dengan perbandingan yang tepat. Bahan makanan itu harus juga dimakan dengan teratur, kalau tidak kita tidak akan dapat menikmati kesehatan yang baik.

Seperti halnya dengan dengan semua mahluk yang lebih tinggi, tubuh manusia terdiri dari berjuta-juta sel yang hidup, semuanya melaksanakan fungsinya masing-masing. Setiap sel harus diberi makan dan dipelihara, kalau tidak sel itu tidak akan dapat melakukan perkerjaannya dengan baik. Untuk memastikan ini kita harus memilih makanan kita dengan bijaksana.

Apakah bahan yang membangun tubuh itu? Para dokter biasa menamainya protein, lemak, hidrat arang, vitamin, mineral, dan air. Inilah bahan yang harus kita punyai, dalam kadar yang secukupnya dan pada waktu yang tepat, kalu kita mengharapkan untuk tetap kuat dan sehat.


Dari makanan kita mendapat bahan untk membangun tulang, otot, urat saraf dan kulit, yang semuanya perlu sekali demi lancarnya pekerjaan setiap alat di dalam tubuh. Yang terpenting dari bahan-bahan ini adalah protein, yakni makanan pembangun sel utama. Makanan kita harus pula mencukupkan persediaan kalori untuk tenaga, kalau tidak kita segera akan merasa lemah dan letih.
Kebanyakan kalori diperoleh dari hidrat arang dan lemak.
Bahan kima yang penting lainnya adalah vitamin dan mineral diperlukan juga dalam kadar yang memadai  untuk mengatur semua aktifitas mesin yang serba rumit ini. Vitamin dan mineral didapat hampir seluruhnya dari tanaman dan makanan yang berasal dari tanaman. Oleh sebab itu, sayur-mayur harus pula merupakan bagian penting dari makanan kita.

Soal air pun sungguh penting. Kekurangan air dapat memperlambat peredaran serta mengentalkan aliran darah dan dengan demikian menyulitkan perkerjaan jantung. Malahan sering hal ini dapat mengakibatkan terbentuknya batu-batu di dalam ginjal dan kandung kemih serta komplikasi serius lainnya.
Asupan Yang Dibutuhkan Tubuh

0 komentar:

Post a Comment